Kegunaaan Biji Duku untuk Kesehatan

Kegunaaan Biji Duku untuk Kesehatan - Kegunaaan biji duku cukuplah unik, kami tahu bahwa duku adalah tipe buah-buahan yang berasal dari suku Meliaceae. Tanaman ini mempunyai kemiripan dengan buah langsat, celoring, serta pisitan. Duku berasal dari Asia Tenggara tahap barat, biasanya berbagai tahap dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat. Semacam biji duku yang pahit bisa dijadikan obat cacing serta juga obat demam dengan tutorial ditumbuk serta dicampur dengan air. Sebagai obat malaria serta malaria dengan memakai kulit kayunya, sementara tepung dari kulit duku bisa dijadikan obat sebab gigitan kalajengking. Kulit dari buah duku yang dikeringkan bisa dipakai sebagai obat pengusir nyamuk di Filipina serta kulit buahnya juga bisa dipakai sebagai obat diare.

http://tipshidupsehat6.blogspot.com/2017/02/kegunaaan-biji-duku-untuk-kesehatan.html
Kegunaaan Biji Duku untuk Kesehatan


Dari penelitian yang diperbuat kepada 100 gram buah duku dengan jumlah yang bisa dikonsumsi 64 %, didapatkan kandungan energy sebesar 63 kkal, karbohidrat 16,1 gr, protein 1 gr, kalsium 18 mg, lemak 0,2 gr, zat logam 1 mg serta fosfo 9 mg. tidak hanya itu di dalam buah duku tersedia kandungan vitamin A 0 IU, vitamin C 9 miligram, serta vitamin B1 setidak sedikit 0,05 miligram.

Pertidak sedikitan buah duku biasanya dengan biji, dengan cara sengaja dikumpulkan bijinya, kemudian disemaikan. Adapula yang mengumpulkan cabutan semai spontan dari pohon induknya, namun tutorial tersebut memakan waktu yang lama, sebab wajib menantikan pohon induk sampai 20-25 tahun baru pohon ini menghasilkan serta belum bisa dipastikan nilainya sama dengan induknya.

  • Khasiat Biji Duku

Duku mempunyai nama latin Lansium domesticum Corr Wahyu, biji dari buahnya dengan cara empiris sudah diyakini oleh masyarakat Kalimantan mempunyai khasiat menurunkan demam. Bakal namun khasiat tersebut butuh dikaji serta dibuktikan kebenarannya dengan pendekatan ilmiah, jadi kami bisa mengenal khasiat yang sebetulnya. Kemudian penelitian ini pun diperbuat serta berfungsi untuk mengenal potensi yang ditimbulkan oleh biji buah duku sebagai obat penurun panas alias antipiretik.

Antipiretik berkerja sebagai penghambat aktivitas enzim siklooksigenase yang mengkatalisis reaksi pembentukan prostaglandin yakni senyawa yang bisa merangsang peningkatan suhu tubuh. Dengan menguji ekstrak etanol biji buah duku kepada 30 ekor tikus yang sudah didemamkan dengan penyuntikan vaksin sudah memperlihatkan bahwa ektrak tersebut bisa mencegah suhu tubuh tikus putih jantan.
Previous
Next Post »