Kegunaaan serta Khasiat buah Pace (Mengkudu) untuk Kesehatan

Kegunaaan serta Khasiat buah Pace (Mengkudu) untuk Kesehatan - Buah pace atau lebih popular lagi dengan nama mengkudu dikenal sejak zaman nenek moyang kami sebagai obat tradisional yang terbukti telah menyembuhkan beberapa macam penyakit. Mengkudu yang tergolong family Rubiaceae ini mempunyai nama latin Morinda citrifolia. Tidak hanya buahnya, tersedia beberapa kegunaaan lain yang terkandung dalam akar, batang dan daunnya yang bisa dijadikan obat. Sebelum kami menjelaskan mengenai kegunaaannya, mari kami ketahui dulu beberapa kandungan yang ada di dalam buah alamiah ini.

Kandungan Nutrisi & Senyawa Buah Pace

Sebetulnya ada beberapa macam nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam buah pace (mengkudu).  Baik nutrisi maupun senyawa tersebut berperan baik bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung dalam buah pace antara lain ialah vitamin, mineral semacam zat antioksidan, dan protein. Kemudian senyawa penting yang tersedia dalam buah pace antara lain yaitu magnesium, lycine, plant sterois, sosium, xeronine, arginine, alizarin, phenylalanine, caprylic acid, trace elemens, antra quinines, dan proxeronine. Pastinya tetap tak sedikit lagi zat-zat lainnya yang terkandung didalamnya, semacam zat anti kanker, scolopetin, xeronine, terpenoid, dan proxeronine.

http://tipshidupsehat6.blogspot.com/2017/01/kegunaaan-serta-khasiat-buah-pace.html
Kegunaaan serta Khasiat buah Pace (Mengkudu) untuk Kesehatan




Khasiat Buah Pace (Mengkudu) bagi Kesehatan


Buah pace atau mengkudu ini terbukti buah yang mempunyai tak sedikit khasiat, khususnya dalam bidang kesehatan. Meskipun rasanya tak lebih enak apabila dikonsumsi langsung, tetapi tahukah Kamu apa saja kegunaaannya ?


  • Menjaga daya tahan tubuh

Buah pace terbukti mempunyai beberapa kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi buah pace yang dibekali dengan beberapa vitamin, mineral, enzim, peptide, dan juga asam amino diketahui bisa menambah system kekebalan tubuh. Zat antioksidan alamiah yang terkandung dalam buah pace atau mengkudu, yaitu vitamin E dan koenzim Q10 yang bisa menolong melindungi tubuh kepada efek radikal bebas. Jadi bakal baik apabila Kamu mengonsumsi jus mengkudu yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.


  • Menjaga kestabilan tekanan darah

Nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu sanggup menolong menjaga kestabilan tekanan darah, jadi dengan mengkonsumsi jus pace (mengkudu) juga bakal bisa mencegah terkena hipertensi.


  • Anti kuman

Buah pace (mengkudu) mengandung senyawa alamiah semacam skopoletin dan antrakuinon. Senyawa-senyawa ini berkegunaaan sebagai antibakteri, antiparasit, dan anti jamur jadi baik untuk menjaga kesehatan kulit.


  • Anti inflamasi


Buah pace berguna sebagai anti inflamasi, yaitu bisa menurunkan adanya resiko terkena serangan jantung dan juga bisa mencegah peradangan.


  • Zat analgesik

Buah mengkudu mengandung 75% zat analgesik yang diketahui bisa meredakan nyeri pada persendian. Buah mengkudu berguna sebagai pereda nyeri, sedangkan daun mengkudu berguna sebagai pereda sakit kepala.


  • Zat anti kanker

Senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang tersedia dalam buah pace bisa berkegunaaan sebagai zat anti kanker, dan mencegah terjadinya kerusakan DNA, dan merawat sel-sel sehat yang tersedia dalam tubuh.

http://tipshidupsehat6.blogspot.com/2017/01/kegunaaan-serta-khasiat-buah-pace.html
Kegunaaan serta Khasiat buah Pace (Mengkudu) untuk Kesehatan





Kegunaaan Lain Buah Pace bagi Kesehatan

Selain beberapa khasiat yang telah di tulis diatas, tetap ada lagi beberapa kegunaaan lain dari buah pace (mengkudu). Kegunaaan itu antara lain :


  • Gangguan system pencernaan

Menolong menanggulangi persoalan radang lambung, perut kembung, keracunan makanan, luka pada usus halus, dan muntah-muntah.


  • Penyakit kulit

Penyakit kulit yang bisa diatasi dengan buah pace semacam luka pada kulit, bisul, kurap, luka bakar, kudis, borok, radang kulit, selulit, ketombe, cacing kulit dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Persoalan system kardiovaskular
Pace sanggup menanggulangi beberapa persoalan semacam kolesterol tinggi, menolong menambah transportasi oksigen dalam sel, dan penebalan otot jantung.


  • Gangguan system pernafasan

Gangguan sistem pernapasan yang bisa diatasi dengan buah pace ialah batuk, sakit tenggorokan, TBC, bronchitis, sinusitis, demam pada bayi, asma, dan kolera.


  • Sakit mulut & tenggorokan

Buah mengkudu menolong menanggulangi persoalan radang tenggorokan, batuk, sakit gigi, sariawan dan gusi berdarah.


  • Gangguan menstruasi

Nyeri pada waktu haid, sindrom pra menstruasi, dan siklus haid yang tak teratur bisa diatasi dengan konsumsi buah pace.


  • Defesiensi kepada daya tahan tubuh

Penyakit virus Epstein-Barr, ketidak lebihan tenaga (AES/altered energy syndrome), candidiasis kronis, dan penyakit yang didampakkan virus HIV dipercaya bisa dibantu diatasi dengan buah ini.


  • Penyakit dalam

Beberapa kegunaaan mengkudu atau buah pace yang diyakini bisa dipakai sebagai obat penyakit dalam ialah diabetes, kencing batu, hepatitis kronis, gangguan kegunaaan ginjal, gangguan pada hormon tiroid, sakit pada pinggul dan bisa meredakan sakit kepala.
             

  • Menjaga supaya lebih tahan lama muda

Anda bisa membikin tonik dari sari buah mengkudu untuk mencegah keriput yang didampakkan sebab adanya proses penuaan.


BACA JUGA : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan



Previous
Next Post »