Kegunaaan Air Rebusan Sari Kacang Hijau untuk Bunda Hamil

Kegunaaan Air Rebusan Sari Kacang Hijau untuk Bunda Hamil - Kacang hijau adalah tipe dari polong – polongan yang kadang telah sehari – hari kami konsumsi. Kacang yang mempunyai bentuk kecil ini mengandung tak sedikit gizi yang baik bagi tubuh, khususnya bagi bunda hamil. Yaps, bagi Kamu yang sedang mengandung disarankan supaya mengkonsumsi kacang hijau. Sebab bunda hamil sangat membutuhkan gizi serta nutrisi yang lumayan tinggi untuk kesehatan calon sang buah hati nantinya. Tetapi, tak juga wajib mengkonsumsi kacang hijau dengan cara berlebih, setidaknya bunda hamil wajib bisa mencukupi kebutuhan gizi serta nutrisi setiap harinya.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Kegunaaan Air Rebusan Sari Kacang Hijau untuk Bunda Hamil


Kacang hijau mempunyai kandungan gizi yang baik bagi kesehatan janin, semacam asam folat yang berkegunaaan bagi bayi supaya terhindar lahir dengan kondisi cacat. Tidak hanya itu, asam folat juga berpengaruh kepada perkembangan serta pertumbuhan saraf pada bayi jadi bisa menambah kecerdasan sang buah hati. Nah, perhatikan tabel kandungan apa saja yang tersedia di dalam 100 gram kacang hijau berikut ini :




Khasiat Air Rebusan Kacang Hijau


Dari tabel diatas, mungkin ada kini sedang berfikir apa saja kegunaaan bagi bunda hamil dari setiap kandungan gizi dan nutrisi pada kacang hijau tersebut. Dari setiap kandungan tersebut mempunyai kegunaaan tersendiri bagi bunda hamil dan juga bayi yang dikandungnya. So, berikut ini berbagai kegunaaan dari kandungan kacang hijau yang berkegunaaan bagi bunda hamil.


  • Karbohidrat


Pada saat masa kehamilan dan menyusui, seorang bunda mengalami peningkatan bakal keperluan energy. Kacang hijau yang tinggi dengan karbohidrat adalah opsi yang baik. Zat pati yang ada di dalamnya bakal dirubah menjadi energy, jadi bisa mencukupi keperluan energy bagi bunda hamil dan menyusui.


  • Asam Folat


Kandungan asam folat yang tersedia di dalam kacang hijau berkegunaaan untuk kesehatan janin supaya terhindar dari lahir cacat, semacam bibir sumbing, kelainan jantung, dan tipe kecacatan lainnya. Jadi penting bagi Kamu dan kesehatan janin untuk mengkonsumsi kacang hijau.


  • Protein


Di dalam kacang hijau mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dibanding protein yang tersedia pada telur, daging, dan ikan. Protein di dalamnya tergolong protein rumit yang membentuk asam amino essensial dan non essensial, jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Kegunaaan dari protein bagi bunda hamil dan menyusui adalah untuk membentuk dan membenahi sel yang rusak, jadi keren dikonsumsi saat awal kehamilan. Tidak hanya itu, baik untuk pertumbuhan bayi dan bisa membenahi jaringan yang rusak sehabis melahirkan.


  • Mineral


Ada tak sedikit tipe mineral di dalam kacang hijau, salah satunya kalsium dan zat besi. Kalsium berkegunaaan untuk membentuk tulang dan jaringan pada janin dan pada saat menyusui juga berkegunaaan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi supaya cepat tumbuh dewasa. Tidak hanya itu, menghindarkan dari pengeroposan tulang alias osteoporosis bagi bunda hamil. Sedangkan zat logam berkegunaaan bagi bunda hamil saat persalinan supaya terhindar dari pendarahan. Kegunaaan dari zat logam mebentuk hemoglobin yang membikin darah menjadi kental.


  • Vitamin


Kacang hijau mempunyai kandungan vitamin A, B1, B2 dan C yang berkegunaaan untuk mencukupi keperluan vitamin saat masa kehamilan dan menyusui. Vitamin A berkegunaaan untuk bunda hamil supaya terhindar dari bayi lahir premature dan keren untuk kesehatan mata bayi yang didapat dari ASI. Sedangkan vitamin B1 dan B2 keren untuk kesehatan bunda hamil dan bayi, supaya terhindar dari stress saat melahirkan dan menolong pembentukan dan pertumbuhan jaringan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C di dalam kacang hijau berkegunaaan sebagai antioksidan dan menambah kesuburan bagi bunda hamil.

Cara Membikin Sari Kacang Hijau


Selain kegunaaan dari kandungan diatas, tetap bayak lagi kegunaaan dari kendungan kacang hijau yang lainnya, semacam serat, tiamin dan yang lainnya. Nah, Kamu telah mengenal kegunaaan dari kendungan kacang hijau, namun bagaimana memperoleh semua gizi dan nutrisi tersebut dan bagaimana tutorial membikinnya. Jangan kawatir, ada tak sedikit tutorial yang bisa Kamu perbuat untuk memperoleh semua kegunaaan tersebut, salah satunya dari air rebusan kacang hijau. Kini Kamu tentu berfikir bagaimana tutorial membikinnya? Nah, berikut ini tutorial membikin air rebusan kacang hijau alias lebih dikenal dengan sari kacang hijau.


  • Bahan :


Kacang hijau 1 genggam
Air dua gelas


  • Cara membikin :


Pertama, cuci kacang hijau hingga bersih lalu tiriskan. Kemudian, masukan kacang hijau yang telah ditiriskan tadi dengan air ke dalam panci. Rebus dan aduk sesekali hingga airnya berubah menjadi merah. Angkat dan saring air rebusan tersebut. Minum air rebusan kacang hijau yang telah disaring tadi saat dingin. So, mudah kan membikinnya, tidak hanya itu Kamu juga bisa membikin bubur dari kacang hijau yang sama kegunaaan dan khasiatnya bagi bunda hamil.


Baca Juga :

>>> Manfaat Air Kelapa Muda Hijau untuk Kesehatan

Jadi, sangat penting untuk mencukupi keperluan gizi serta nutrisi bagi bunda hamil agar terhindar dari penyakit serta membikin tubuh menjadi sehat. Semoga postingan tentang kegunaaan air rebusan kacang hijau bagi bunda hamil serta kesehatan tubuh ini berguna!
Previous
Next Post »